Senin, 18 Januari 2016

Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia

Secara implisit interface (antarmuka) adalah sebuah titik, wilayah atau permukaan dimana dua zat atau benda yang berbeda saling bertemu, dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Dalam artinya yang khusus, interface merupakan fungsi atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna. Sebagai contoh pada sebuah benda yaitu komputer, komputer terdiri dari komponen-komponen seperti hardware dan software, dimana dari komponen-komponen yang ada pada komputer, bekerja untuk menghasilkan sebuah tampilan yang disebut antarmuka (interface) yang menghubungkan antara pengguna dengan komputer tersebut.
Multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik. Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah Sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan pribadi anda. Program ini sudah memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.

Kelebihannya :
·         Meningkatkan kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan seperti penggunaan media, komputer dan perangkat komunikasi.
·         Membantu pengendara untuk menghindari kemacetan dan memudahkan pengendara untuk menemukan lokasi tujuan dengan menggunakan sistem navigasi.
·         Meningkatkan keamanan dari kendaraan dengan standarisasi airbag, pintu kunci.
·         Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
·         Meningkatkan efisiensi dari kendaraan.
·         Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
·         Layar interaktif.

Kekurangannya :
·         Kendala bagi orang yang kurang memahami akan fungsi dari multimedia yang tertanam.
·         Biaya yang mahal untuk melakukan penambahan multimedia.
·         Sulit untuk melakukan proses ketika ada sensor elektronik yang rusak.
·         Design yang standar bahkan buruk dapat menyebabkan kebingungan dan kebosanan, bahkan  ketika sensor rusak.
·         Terlalu banyaknya multimedia dapat menyebabkan pengendara tidak fokus dan dapat menyebabkan kecelakaan.

 Saran : untuk kedepannya kendaraan yang sudah menerapkan sistem ini dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Pengoperasian yang mudah dan dapat dipahami sangat berguna agar semua orang dapat menggunakannya. Layanan yang diberikan sistem ini diharap bisa meningkatkan kualias hidup masyarakat dalam hal berkendara dimana dalam layanan ini memberikan kenyamanan, keamanan, dan infomasi yang jelas.

Referensi

http://dhietcorner.blogspot.com/2013/11/automotive-multimedia-interface.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar