Minggu, 15 November 2015

Layanan Telematika



Layanan pada sistem telematika
1.       Layanan Keamanan
2.       Layanan Informasi
3.       Layanan Context aware dan Event Base
4.       Layanan Perbaikan Sumber

1.       Layanan Perbaikan sumber
Layanan perbaikan sumber ialah pelayanan yang diberikan dalam perbaikan sumber daya manusia. Orang yang melakukan aktifitas  berhubungan dengan informatika, telekomunikasi, dan media sebagai pengelola, pengembang didalam lingkungan masyarakat umum. Konsep pengembangan SDM telematika bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, pendayagunaan SDM guna mengatasi kesenjangan digital dan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan TI secara efektif.
Contoh :  Buku telepon Yellow Pages
2.       Layanan Keamanan
Layanan keaman ialah pelayanan yang diberikan untuk membantu sistem mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan disini adalah memberikan peningkatan tertentu untuk jaringan .
Contoh : Antivirus
                 Panggilan darurat polisi
3.       Layanan Context aware dan Event Base
Layanan context aware dan event base ialah pelayanan network untuk mengetahui berbagai konteks , yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna.
Contoh : Pelayanan Diagnosis kendaraan
                  Asuransi mobil berdasarkan statistik mengemudi
4.       Layanan Informasi
Layanan informasi ialah layanan yang diberikan untuk menyampaikan informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat mengolah dan memanfaatkan informasi tersebut untuk kepentingan hidup dan perkembangannya.
Contoh : Layanan Informasi Cuaca
                 Layanan Informasi Traffic
                 Layanan Informasi Berita
Kelebihan Telematika
1.       Meningkatkan pengembangan kapasitas industri dan pelayanan publik
2.       Memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan keamanan yang diberuka layanan telematika
3.       Memperluas wawasan masyarakat tentang perkembangan teknologi

Kekurangan Telematika
1.       Minimnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan teknologi informasi untuk hal-hal yang posotif
2.       Masih adanya celah untuk para peretas dalan layanan keamanan

Saran
Pelayanan yang diberikan oleh sistem telematika sudah cukup baik. Dilihat dari penggunaan oleh masyarakat yang sadar akan manfaat yang diberikan oleh layanan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun masih harus diperhatikan terkait kesadaran masyarakat yang menggunakan layanan telematika untuk aktifitas yang merusak moral diri yaitu dengan mengakses situs pornografi walaupun sudah ada upaya dari pemerintah untuk menimalisir akses ke situs pornografi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar