Rabu, 22 April 2015

Bahasa Indonesia - Cerpen


Rafa ingin Melestarika Terumbu Karang
Matahari baru saja terbit ketika Pakde Miran menuju Meja makan untuk sarapan pagi, sedang santapnya melahap sarapan Pakde Miran tidak menyadari kehadiran Rafa. Rafa mengendap-endap di belakang punggungnya. Ketika jarak antara Rafa dan Pakde Miran tinggal selangkah, ia melompat ke depan dan berteriak keras.
Pakdeeee …!” Pakde Miran kaget. Namun ia segera tahu anak kecil yang menempel di punggungnya adalah Rafa.
”Kamu buat Pakde kaget,” kata Pakde Miran. ”Pakde sedang apa?” tanya Rafa. Ia melepaskan tangannya dari leher Pakde dan berdiri di depannya .
”Pakde sedang sarapan habis itu Pakde mau ke tempat pembudidayaan terumbu krang.”
”Untuk apa Pakde?”
”Pakde mau membudidayakan terumbu karang. Biar nanti kalau sudah 10tahun yang akan datang terumbu karang akan tumbuh dan menjadikan habitat dilaut terus hidup.”
”Kapan terumbu karangnya besar Pakde?”
 ”Lima belas atau dua puluh tahun dari sekarang.”
”Lama sekali Pakde.”
”Iya memang begitu. Kamu juga perlu melestarikan terumbu karang.” Rafa tidak berkata apaapa lagi. Rafa tidak tahu kalau Pakde Miran sudah lama bersaha melestarikan kehidupan laut.
”Kamu harus ke sekolah.” Rafa mengiyakan. Rafa berjalan di samping Pakde menuju kamar unutk menuju sekolah. Setelah bel sekolah berbunyi pada pukul 10.00 pagi Rafa pulang.
Ayah,Ibu,Pakde dan dan Bude sedang berada diruang keluarga sedang menonton acara TV yang membahas tentang kehidupan dilaut.
”Asslamualaikum”ucap Rafa,
”Walaikumsalam”ucap Ayah Ibu Pakde dan Bude. Kemudian Rafa segera ganti baju dan bergabung di ruang keluarga.
”Ini acara apa Pakde?”tanya Rafa.
”ini tentang Kehidupan dilaut,tuh kamu liat jika nelayan menangkap ikan dengan cara dibom maka terumbu karang yang ada didasar laut ikut terkena imbasnya jadi hancur, padahal terumbu karangkan tempat ikan untuk berkembang biang untuk hidup dan segala macamnya”. Rafa menatap pakdenya yang sedang berbicara dengan dia dengan rasa penasaran.
”Lalu kalau sudah hancur seperti itu gimana dong Pakde?” tanya Rafa.
”Ya kita harus mencegahnya agar tidak ada nelayan yang mengambil ikan dengan cara seperti itu, dan Pakde tetap akan terus melestarika terumbu karang agar kehidupan diLaut tetap berjalan dan juga agar ikan-ikan dapat berkembang biak dengan baik dan banyak supaya para nelayan dapat menangkap ikan dengan banyak”. Kemudian Rafa terdiam dan mencoba berfikir dari apa yang diberitahu oleh Pakdenya.
”Pakde Rafa mau ikut dong ketempat pakde yang melestarikan terumbu karang” ucap Rafa dengan semangat.
“Iyaa Rafaa, besok kita ketempat pelestarian terumbu karang untuk menempatkan terumbu-terumbu karang yang kecil untuk di tebar dan ditaruh didasar laut agar dapat tumbuh sendiri,” Keesokan harinya karena hadi Sabtu dan Rafa libur, Rafa bangun pagi-pagi untuk ikut dengan Pakdenya ke tempat pelestarian terumbu karang dengan semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar