Rabu, 18 Maret 2015

Kasus Deduktif


Pendahuluan


Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta.
Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari ditemukan di Pasar, Sekolah, Terminal bus, Lampu merah dan Persimpangan jalan raya maupun rel kereta api Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar, Palembang, Denpasar, Jogjakarta, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Contoh Kasus


VIVAnews - Kemacetan panjang masih terjadi di hampir seluruh ruas jalan utama maupun jalan alternatif di Jakarta pada Jumat malam, 26 November 2010. Genangan air adalah biang keladinya. Kesemrawutan juga terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Semanggi, Gatot Subroto, kawasan Casablanca, dan Jalan Kuningan, Jakarta Selatan.Hingga malam ini, kawasan Kuningan menjadi daerah yang paling parah mengalami kemacetan. Demikian di Cawang yang menuju Pancoran atau ke arah sebaliknya.Buntunya lalu lintas juga terjadi di jalan layang Kuningan menuju HOS Cokroaminoto. kendaraan terlihat bergerak merayap. Pemandangan serupa terlihat di jembatan layang Sahardjo ke arah Karet.Macet parah terjadi di sekitar kawasan Mal Ambasador, dari mulai putaran Menara Batavia yang menuju Kampung Melayu. Lalulintas di kawasan ini nyaris tidak bergerak.Hingga pukul 19.30 WIB, kemacetan masih terjadi di ruas jalan Mampang ke arah Buncit Raya. Tingginya volume kendaraan yang lewat melebihi kapasitas ruas jalan ditambah adanya bus Kopaja yang mogok di tengah jalan, membuat jalanan menjadi lapangan parkir massal. Bedasarkan pantauan dari CCTV Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, arus lalu lintas di daerah Kelapa Gading juga mandek. Jalur di arah sebaliknya terlihat ramai lancar. Hingga laporan ini diunggah, petugas sedang berusaha mencairkan kepadatan di daerah tersebut.Lalulintas juga nyaris tak bergerak di ruas jalan Kramat Raya dari arah Senen menuju Kampung Melayu.Kemacetan parah yang terjadi sejak sore hari ini bukan saja diakibatkan genangan air hujan. Para pengendara  motor yang berteduh di bawah jembatan layang, dan memblokir setengah ruas jalan, juga jadi pemicu utama. Ini terjadi antara lain di bawah jalan Tol Wiyoto Wiyono ke arah Tanjung Priok dan di bawah jembatan Semanggi, Jakarta Selatan. (kd)

Analisa


Kemacetan yang terjadi di Jakarta semakin tidak terkendali. Hampir setiap hari di seluruh penjuru jalan-jalan Jakarta pasti tersendat. Para Polisi-polisi Lalu Lintas pun sepertinya sudah tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelesaikan masalah ini.
Bukan Jakarta namanya kalau tidak macet kecuali pada Hari Raya Idul Fitri, hal ini disebabkan karena kota Jakarta merupakan kota sentral bisnis di Indonesia, setiap hari jutaan orang menuju Jakarta untuk bekerja. Dengan itu juga jutaan kendaraan memasuki Jakarta setiap hari. Infrastruktur jalan di Jakarta pun tidak dapat menampung banyaknya kendaraan yang melintas. Ini yang menjadi penyebab utama kemacetan di Jakarta. Belum lagi jika hujan lalu membuat banjir yang memutus akses jalan. Dan juga sekarang ini sedang gencar dibangunnya mega proyek sarana transportasi demi meminimalisir kemacetan yang terjadi.
Refrensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar